7 TUGAS UTAMA GURU PROFESIONAL


Dalam UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dijelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih, dan mengevaluasi pendidikan pada jalur pendidikan anak usia dini, pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. 



1.   1. Tugas utama guru professional dalam mendidik

Mendidik yaitu menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap materi yang disampaikan kepada anak. Penanaman nilai-nilai ini akan lebih efektif apabila dibarengi dengan teladan yang baik dari gurunya yang akan dijadikan contoh bagi anak.

Sebagai pendidik (edukator) guru bertugas mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan yang berkepribadian sempurna

Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mendidik :

a.   Guru adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Tetapi guru harus berusaha menghindari perbuatan tercela yang akan menjatuhkan harga dirinya.

b.   Guru harus mengenal siswanya, cara belajarnya dan gaya belajarnya.

c.   Guru harus mengetahui metode penanaman nilai

d.   Guru harus mengetahui pengetahuan yang luas. Maka dari itu harus banyak beljar

e.   Guru wajib mengetahui tujuan Pendidikan Indonesia pada umumnya, sehingga memberikan arah dalam memberikan bimbingan kepada siswa. Sehingga bisa menjawab semisal ada pertanyaan seperti ini,

-      Kenapa kita harus belajar matematika ? sedangkan di kehidupan nyata kita tidak menggunakannya

-      Apakah tujuan adanya sekolah hanya untuk mendapatkan selembar ijazah?

 

2.  2. Tugas utama guru professional dalam mengajar

 

Mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan secara sengaja dalam upaya memberikan kemungkinan bagi siswa melakukan proses belajar sesuai dengan rencana yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan pengajaran. Jadi tugas guru sebagai pengajar adalah bagaimana caranya agar siswa belajar. Untuk itu, beberapa hal yang harus dilakukan guru agar siswa belajar sebagaimana disebutkan oleh E Mulyasa (2007), adalah sebagai berikut.

  • Membuat ilustrasi: pada dasarnya ilustrasi menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari peserta didik dengan sesuatu yang telah diketahuinya, dan pada waktu yang sama memberikan tambahan pengalaman kepada mereka.
  • Mendefinisikan: meletakkan sesuatu yang dipelajari secara jelas dan sederhana dengan menggunakan latihan dan pengalaman serta pengertian yang dimiliki oleh peserta didik.
  • Menganalisis: membahas masalah yang telah dipelajari bagian demi bagian, sebagaimana orang mengatakan: ?Cuts the learning into chewable bites? .
  • Mensintesis: mengembalikan bagian-bagian yang telah dibahas ke dalam suatu konsep yang utuh sehingga memiliki arti, hubungan antara bagian yang satu dengan yang lain nampak jelas dan setiap masalah itu tetap berhubungan dengan keseluruhan yang lebih besar.
  • Bertanya: mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berarti dan tajam agar apa yang telah dipelajari menjadi lebih jelas.
  • Merespon: mereaksi atau menanggapi pertanyaan peserta didik. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru dapat merespon setiap pertanyaan peserta didik.
  • Mendengarkan: memahami peserta didik dan berusaha menyederhanakan setiap masalah, serta membuat kesulitan nampak jelas baik bagi guru maupun bagi siswa.
  • Menciptakan kepercayaan: peserta didik akan memberikan kepercayaan terhadap keberhasilan guru dalam pembelajaran dan pembentukkan kompetensi dasar.
  • Memberikan pandangan yang bervariasi: melihat bahan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang dan melihat masalah dalam kombinasi yang bervariasi.
  • Menyediakan media untuk mengkaji materi standar: memberikan pengalaman yang bervariasi melalui media pembelajaran dan sumber belajar yang berhubungan dengan materi standar.

 

 

3.   3. Tugas utama guru professional dalam membimbing

 

Guru sebagai pembimbing yaitu membimbing siswa agar dapat menentukan berbagai potensi yang dimilikinya sebagai bekal mereka, membimbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan ketercapaian tersebut ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia ideal yang menjadi harapan setiap orang tua dan masyarakat. Tugas guru adalah menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya.

 

 

4.  4.  Tugas utama guru professional dalam mengarahkan

 

Setiap guru harus pandai-pandai untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa agar mencapai keberhasilan belajar sebagaimana yang telah ditetapkan dalam sasaran kegiaatan PBM. Guru harus memberi arahan kepada murid agar mereka mampu menemukan masalahnya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, mengenal dirinya sendiri, dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

 

 

 

5.   5. Tugas utama guru professional dalam menilai

 

Guru dalam menilai bertugas untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan melakukan penilaian maka guruakan mengetahui atau menentukan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran.

 

6.   6. Tugas utama guru professional dalam melatih

 

Tugas guru adalah melatih peserta didik memiliki kecakapan atau keterampilan hidup atau practical life. Guru harus melatih siswa untuk menguasai kecakapan atau keterampilan hidup abad 21 untuk menjadi bekal bagi siswa menaklukkan segala tantangan yang mereka hadapi di masa depan.

 

Dalam melatih guru memberikan stimulus ( S ) supaya muncul respon ( R ) dari peserta didik. Misalnya guru melatih supaya peserta didik terampil dalam menangkap bola maka guru melempar bola.

 

7.  7.  Tugas utama guru professional dalam mengevaluasi

 

Tugas guru dalam mengevaluasi yaitu membantu siswa dalam mencapai tujuan umum dari Pendidikan yang telah ditetapkan. Agar tercapai tujuan Pendidikan yang dimaksud, seorang guru perlu bertindak secara aktif dalam membantu setiap langkah dalam proses pembelajaran.

 

Tapi bukan hanya peserta didik saja yang harus dievaluasi melainkan guru juga harus di evaluasi untuk mengetahui apakah sudah maksimal dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA/REFERENSI

 

Berisi  judul buku, laporan, makalah atau tautan yang menjadi sumber referensi dalam mengerjakan tugas.

 

https://akucepatmembaca.com/peran-guru-dalam-proses-pembelajaran-guru-sebagai-pendidik-dan-pengajar/

 

http://anugrahjhie.blogspot.com/2017/03/guru-sebagai-pengarah-atau-director.html

 

https://www.portal.sman1madiun.sch.id/editorial/editorial-oleh-kepala-sekolah-2/#:~:text=Guru%20sebagai%20penilai%20berperan%20untuk,siswa%20dalam%20mencapai%20tujuan%20pembelajaran.

 

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/tugas-dan-peran-guru-dalam-pendidikan#:~:text=Tugas%20guru%20adalah%20melatih%20siswa,mereka%20hadapi%20di%20masa%20depan.

 

https://www.kompasiana.com/tryrahayu/5535a40b6ea8342612da42e5/guru-dalam-mengevaluasi-belajar-siswa#:~:text=Tugas%20guru%20dalam%20melakukan%20evaluasi,setiap%20langkah%20dalam%20proses%20pembelajaran.

 

Komisi khusus S1 PGSD. 2006. “naskah akademik pendidikan profesional guru.”


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FASILITAS SDN JAMBEAN 1 KEC. KRAS KAB. KEDIRI

DATA PEGAWAI