7 TUGAS UTAMA GURU PROFESIONAL
Dalam UU No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dijelaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, melatih, dan mengevaluasi pendidikan pada jalur pendidikan anak usia dini, pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.
1. 1. Tugas utama guru
professional dalam mendidik
Mendidik yaitu menanamkan nilai-nilai yang
terkandung dalam setiap materi yang disampaikan kepada anak. Penanaman
nilai-nilai ini akan lebih efektif apabila dibarengi dengan teladan yang baik
dari gurunya yang akan dijadikan contoh bagi anak.
Sebagai pendidik
(edukator) guru bertugas mengarahkan peserta didik pada tingkat kedewasaan yang
berkepribadian sempurna
Beberapa hal yang harus di perhatikan dalam mendidik
:
a.
Guru adalah manusia
biasa yang tidak luput dari kesalahan. Tetapi guru harus berusaha menghindari
perbuatan tercela yang akan menjatuhkan harga dirinya.
b.
Guru harus mengenal
siswanya, cara belajarnya dan gaya belajarnya.
c.
Guru harus mengetahui
metode penanaman nilai
d.
Guru harus
mengetahui pengetahuan yang luas. Maka dari itu harus banyak beljar
e.
Guru wajib
mengetahui tujuan Pendidikan Indonesia pada umumnya, sehingga memberikan arah
dalam memberikan bimbingan kepada siswa. Sehingga bisa menjawab semisal ada
pertanyaan seperti ini,
-
Kenapa kita harus
belajar matematika ? sedangkan di kehidupan nyata kita tidak menggunakannya
-
Apakah tujuan
adanya sekolah hanya untuk mendapatkan selembar ijazah?
2. 2. Tugas utama guru professional dalam mengajar
Mengajar merupakan kegiatan yang dilakukan
secara sengaja dalam upaya memberikan kemungkinan bagi siswa melakukan proses
belajar sesuai dengan rencana yang telah ditentukan untuk mencapai tujuan
pengajaran. Jadi tugas guru sebagai pengajar adalah bagaimana caranya agar
siswa belajar. Untuk itu, beberapa hal yang harus dilakukan guru agar siswa
belajar sebagaimana disebutkan oleh E Mulyasa (2007), adalah sebagai berikut.
- Membuat ilustrasi: pada dasarnya
ilustrasi menghubungkan sesuatu yang sedang dipelajari peserta didik
dengan sesuatu yang telah diketahuinya, dan pada waktu yang sama
memberikan tambahan pengalaman kepada mereka.
- Mendefinisikan: meletakkan sesuatu
yang dipelajari secara jelas dan sederhana dengan menggunakan latihan dan
pengalaman serta pengertian yang dimiliki oleh peserta didik.
- Menganalisis: membahas masalah yang
telah dipelajari bagian demi bagian, sebagaimana orang mengatakan: ?Cuts
the learning into chewable bites? .
- Mensintesis: mengembalikan
bagian-bagian yang telah dibahas ke dalam suatu konsep yang utuh sehingga
memiliki arti, hubungan antara bagian yang satu dengan yang lain nampak
jelas dan setiap masalah itu tetap berhubungan dengan keseluruhan yang
lebih besar.
- Bertanya: mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berarti dan tajam agar apa yang telah
dipelajari menjadi lebih jelas.
- Merespon: mereaksi atau
menanggapi pertanyaan peserta didik. Pembelajaran akan lebih efektif jika
guru dapat merespon setiap pertanyaan peserta didik.
- Mendengarkan: memahami peserta didik
dan berusaha menyederhanakan setiap masalah, serta membuat kesulitan
nampak jelas baik bagi guru maupun bagi siswa.
- Menciptakan kepercayaan: peserta didik akan
memberikan kepercayaan terhadap keberhasilan guru dalam pembelajaran dan
pembentukkan kompetensi dasar.
- Memberikan pandangan yang
bervariasi: melihat
bahan yang dipelajari dari berbagai sudut pandang dan melihat masalah
dalam kombinasi yang bervariasi.
- Menyediakan media untuk
mengkaji materi standar: memberikan pengalaman yang bervariasi
melalui media pembelajaran dan sumber belajar yang berhubungan dengan
materi standar.
3. 3. Tugas
utama guru professional dalam membimbing
Guru
sebagai pembimbing yaitu membimbing siswa agar dapat menentukan berbagai
potensi yang dimilikinya sebagai bekal mereka, membimbing siswa agar dapat
mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan
ketercapaian tersebut ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia ideal yang
menjadi harapan setiap orang tua dan masyarakat. Tugas guru adalah menjaga,
mengarahkan dan membimbing agar siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan
potensi, minat dan bakatnya.
4. 4. Tugas utama guru professional dalam
mengarahkan
Setiap
guru harus pandai-pandai untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa agar mencapai
keberhasilan belajar sebagaimana yang telah ditetapkan dalam sasaran kegiaatan
PBM. Guru harus memberi arahan kepada murid agar mereka mampu menemukan
masalahnya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, mengenal dirinya sendiri,
dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
5. 5. Tugas utama guru professional dalam menilai
Guru dalam menilai bertugas untuk mengumpulkan
data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan
melakukan penilaian maka guruakan mengetahui atau menentukan keberhasilan siswa
dalam mencapai tujuan pembelajaran.
6. 6. Tugas utama guru professional dalam melatih
Tugas guru adalah melatih peserta didik
memiliki kecakapan atau keterampilan hidup atau practical life. Guru harus
melatih siswa untuk menguasai kecakapan atau keterampilan hidup abad 21 untuk
menjadi bekal bagi siswa menaklukkan segala tantangan yang mereka hadapi di
masa depan.
Dalam melatih guru memberikan stimulus (
S ) supaya muncul respon ( R ) dari peserta didik. Misalnya guru melatih supaya
peserta didik terampil dalam menangkap bola maka guru melempar bola.
7. 7. Tugas utama guru professional dalam
mengevaluasi
Tugas guru dalam mengevaluasi yaitu
membantu siswa dalam mencapai tujuan umum dari Pendidikan yang telah ditetapkan.
Agar tercapai tujuan Pendidikan yang dimaksud, seorang guru perlu bertindak
secara aktif dalam membantu setiap langkah dalam proses pembelajaran.
Tapi bukan hanya peserta didik saja yang
harus dievaluasi melainkan guru juga harus di evaluasi untuk mengetahui apakah
sudah maksimal dalam menyampaikan pembelajaran kepada peserta didik.
DAFTAR
PUSTAKA/REFERENSI
Berisi judul buku,
laporan, makalah atau tautan yang menjadi sumber referensi dalam mengerjakan
tugas.
https://akucepatmembaca.com/peran-guru-dalam-proses-pembelajaran-guru-sebagai-pendidik-dan-pengajar/
http://anugrahjhie.blogspot.com/2017/03/guru-sebagai-pengarah-atau-director.html
https://www.portal.sman1madiun.sch.id/editorial/editorial-oleh-kepala-sekolah-2/#:~:text=Guru%20sebagai%20penilai%20berperan%20untuk,siswa%20dalam%20mencapai%20tujuan%20pembelajaran.
https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/tugas-dan-peran-guru-dalam-pendidikan#:~:text=Tugas%20guru%20adalah%20melatih%20siswa,mereka%20hadapi%20di%20masa%20depan.
https://www.kompasiana.com/tryrahayu/5535a40b6ea8342612da42e5/guru-dalam-mengevaluasi-belajar-siswa#:~:text=Tugas%20guru%20dalam%20melakukan%20evaluasi,setiap%20langkah%20dalam%20proses%20pembelajaran.
Komisi khusus S1 PGSD. 2006. “naskah akademik pendidikan
profesional guru.”
Komentar
Posting Komentar